PEMIKIRAN SWAMI VIVEKANANDA



SWAMI VIVEKANANDA
(Pemikiran Neo Vedanta)
Oleh :
Untung Suhardi, S.Pd.H

Mengenai pandangan dan latar belakang Swami Vivekananda secara umum adalah bahwa beliau lahir pada tanggal 9 Juli 1862 di Kalkuta yang mempunyai nama asli Narendra nath yang mempunyai wajah ganteng. Dia lahir dalam keluarga yang mapan ayahnya adalah seorang pengacara dan ibunya adalah seorang agamawan pada masa kecilnya beliau banyak mengenyam pendidikan Kristen yaitu General Assembly,s Institusion. Dalam pemikirannya dipengaruhi oleh tokoh Keshab Chunder Send dan Ramakrsna. Pada tahun 1882 dia bertemu dengan Ramakrisna, pada tahun 1883 dia mengikuti parlement agama-agama di Chicago dan pada tahun 1884 mendirikan perkumpulan masyarakat Vedanta di Amerika. Kemudian dia kembali ke India untuk melanjutkan misi gurunya yang bertepatan bencana kelaparan selama 3 tahun. Dan pada tanggal 4 Juli 1902 beliau menghembuskan nafas terakhirnya.
Mengenai pemikiran filsafatnya adalah bahwa beliau menyerap dan mentelolir beragam pemikiran dibidang keagamaan dari pemikiran yang maju seperti Vedanta sampai pemikiran pemujaan arca, pemikiran Budha, ateisme jaina dan carwaka. Pandangannya tentang manusia adalah bahwa harus berani seperti Singa yaitu harus menghilangkan rasa takut karena hal ini adalah dosa besar dan identik dengan kematian. Dan harus disadari pula bahwa manusia pada dasarnya adalah baik, oleh karena itulah harus berusaha untuk menjadi yang lebih baik.
Dalam hubungannya dengan dunia bahwa pemikirannya setuju dengan Ramanuja bahwa dalam melihat dunia ini merupakan kesempatan untuk melakukan karma dan merupakan peluang untuk mencapai pembebasan. Dalam hubungannya dengan dunia ini bahwa dalam melihat antara objek dan subjek indria harus didasarkan atas cinta kasih yang mempunyai perspektif berbeda antara objek dunia dengan objek ketuhanan. Untuk mencapai pembebasan itu dapat dilakukan  dengan jalan Bhakti.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEMIKIRAN SWAMI VIVEKANANDA"

Post a Comment