Pengajaran Itihasa dan Purana



Oleh :

Untung Suhardi, S.Pd.H



Perdebatan panjang tentang adanya sistem pengajaran dalam Veda merupakan suatu hal yang menjadi pembicaraan yang menarik. Selanjutnya dalam arus modernitas dituntut adanya sistem pembelajaran yang bersifat komprehensif namun dilain hal banyak adanya sebuah tuntutan yang “memaksa” seseorang untuk melakukan tindakan yang biasanya disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan orang tersebut. Kemudian pada pembicaraan ini akan diulas tentang sistem pendidikan Veda  yang mengacu pada pembelajaran Vedic Literature yang biasanya seorang guru sering memberikan bahan pembelajaran yang berupa cerita baik itu dalam Itihasa maupun Mahabharata. Akan tetapi, ada juga yang memberikan arahan kepada anak didiknya untuk langsung membaca Veda itu sendiri yang biasanya adalah kitab catur veda maupun Bhagavadgita tanpa diajarkan terlebih dahulu tentang konsep Itihasa maupun Purana sebagai pondasi pengetahuan  anak didik.
Selanjutnya untuk pembahasan tentang pendidikan agama hindu bahwa sejak dini sudah ada  tentang materi mendongeng tentang agama Hindu  yang  isinya adalah cerita kepahlawanan yang ada dalam epos Itihasa baik itu Ramayana dan mahabharata serta cerita tentang patriotisme dari Purana tentang kelahiran para dewa. Untuk itu perlu adanya pembaharuan dalam kurikulum untuk memasukan itihasa dan purana sebagai materi pokok untuk mempermudah siswa memahami ajaran Veda. Karena dalam metode pendidikan adanya yang dinamakan dengan story telling yang memudahkan siswa dalam menyerap materi yang diajarkan oleh guru melalui metoda cerita. Karena dalam hal ini Itihasa dan Purana sebagai suhrita samhita sangat memungkinkan sekali untuk bisa dipahami oleh anak-anak dan bahkan orang awam sekalipun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengajaran Itihasa dan Purana"

Post a Comment