Oleh :
Untung Suhardi, S.Pd.H
Selengkapnya : DownloadPengajaranItihasadanPurana.pdf
Perdebatan panjang tentang adanya sistem pengajaran
dalam Veda merupakan suatu hal yang menjadi pembicaraan yang menarik.
Selanjutnya dalam arus modernitas dituntut adanya sistem pembelajaran yang
bersifat komprehensif namun dilain hal banyak adanya sebuah tuntutan yang
“memaksa” seseorang untuk melakukan tindakan yang biasanya disesuaikan dengan
keadaan dan kebutuhan orang tersebut. Kemudian pada pembicaraan ini akan diulas
tentang sistem pendidikan Veda yang
mengacu pada pembelajaran Vedic Literature yang biasanya seorang guru
sering memberikan bahan pembelajaran yang berupa cerita baik itu dalam Itihasa
maupun Mahabharata. Akan tetapi, ada juga yang memberikan arahan kepada anak
didiknya untuk langsung membaca Veda itu sendiri yang biasanya adalah kitab
catur veda maupun Bhagavadgita tanpa diajarkan terlebih dahulu tentang konsep
Itihasa maupun Purana sebagai pondasi pengetahuan anak didik.
Selanjutnya untuk pembahasan tentang pendidikan agama
hindu bahwa sejak dini sudah ada tentang
materi mendongeng tentang agama Hindu
yang isinya adalah cerita
kepahlawanan yang ada dalam epos Itihasa baik itu Ramayana dan mahabharata
serta cerita tentang patriotisme dari Purana tentang kelahiran para dewa. Untuk
itu perlu adanya pembaharuan dalam kurikulum untuk memasukan itihasa dan purana
sebagai materi pokok untuk mempermudah siswa memahami ajaran Veda. Karena dalam
metode pendidikan adanya yang dinamakan dengan story telling yang memudahkan siswa dalam menyerap materi yang
diajarkan oleh guru melalui metoda cerita. Karena dalam hal ini Itihasa dan
Purana sebagai suhrita samhita sangat memungkinkan sekali untuk bisa dipahami
oleh anak-anak dan bahkan orang awam sekalipun.
0 Response to "Pengajaran Itihasa dan Purana"
Post a Comment