Kisah Terbunuhnya Niwatakawaca


PESAN MORAL KISAH TERBUNUHNYA RAKSASA NIWATAKAWACA 
PADA KAKAWIN ARJUNAWIWAHA
Oleh:
Untung Suhardi


Ringkasan tentang kakawin Arjunawiwāha ini merupakan perumpamaaan yang dilakukan oleh Mpu Kanwa dalam menggambarkan ketekunan dan kesabaran Airlangga dalam masa pengasingan di hutan. Hal ini kemudian dipertegas oleh C.C. Berg yang merupakan peneliti sastra berkebangsaan Belanda yang menyatakan bahwa Arjunawiwāha ini merupakan pujian yang ditunjukan kepada raja Airlangga. Kemahiran bujangga Kanwa dalam menuliskan tentang keindahan kakawin ini benar-benar dihayati dengan menggunakan rasa yang diresonansikan dalam bentuk goresan tinta yang penuh dengan makna. Lebih lanjut ditegaskan oleh abhinavagupta dengan pendapatnya yang dikenal dengan rasa dhvani yang menjelaskan bahwa pengalaman estetik tidak diperoleh sebagaimana pengalaman biasa, sebab obyek estetik tidak hanya menggetarkan indera melainkan juga yang menggerakan imanijasi (Hadi, 2014 : 205). Berikut kisah terbunuhnya raksasa Niwatakawaca:

Indra berangkat bersama pasukan para dewa dan bertempur melawan bala raksasa di lereng gunung Semeru. Ketika barisan para dewa dikalahkan oleh golongan raksasa, Arjuna datang menyerang sebagai penopang- belakang (tulak balakang) bagi mereka yang mundur minta dikasihani. Pada puncak pertempuran itu Arjuna memasang rahasia siasat (rahasya ning upaya), yaitu kutuk balik yang mengakhiri kesaktian Prabu Niwatakawaca. Arjuna sengaja ikut lari dengan berpura-pura kebingungan, hingga membuat raja raksasa yang sakti itu tertawa terbahak-bahak oleh karena kesenangan. Ketika dibidik dengan tomaranya Arjuna sengaja menjepitnya dan berpura-pura terjatuh di keretanya. Niwatakawaca datang berteriak menantang perang sambil tertawa kegirangan. Saat itulah ia terkecoh, terjerat tipu-muslihat (kasalib kabancana), karena tampaklah lidah pada mulut yang terbuka lebar. Maka binasalah raja raksasa yang sakti itu terkena bidikan panah manusia yang sakti pula. Arjuna dan para dewapun kembali ke kahyangan untuk merayakan kemenangan mereka. Akan tetapi ketika para dewa sedang sibuk mempercakapkan tentang perang yang telah mereka menangkan, Arjuna yang unggul jasanya (sang agunakaya) tidak banyak berbicara (tan jewah) dan tidak pula menunjukkan sikap kegirangan (tan wijah). Kemudian daripada itu Arjunapun menerima pahala kemuliaannya, yaitu ketika ia menjalani upacara penobatannya (abhiseka) sebagai Raja di Kahyangan Indraloka, dan melaksanakan pernikahannya (wiwaha) dengan ketujuh bidadari (widyadhari) yang utama. 

 Sang Pujangga Kawi pun tenggelam dalam keindahan alam, dan sekaligus menyatu dengan keindahan yang mutlak, di kala ia telah mampu untuk mengatasi berbagai godaan dan cobaan. Ditemukannya sumber kidung bersyair yang berada di dalam dirinya, yaitu pada ujung pemusatan pikiran (dhyana), yang menuju kepada tataran keheningan (samadhi). Maka ditulisnyalah Kakawin Arjunawiwāha, yang memuja kebajikan (yasa), sebagai buah-usaha pujangga yang berbuat jasa, dan menjadi sebuah tanda peringatan (yasa). Bagaikan sebuah candi dengan prasasti yang mengabadikan baik kebajikan dari yang dipuja maupun ke-bakti-an dari yang memuja (Kuntarawijaya, 2007: 342). Demikianlah Kakawin Arjunawiwāha kemudian menjadi jalan perenungan (sadhana), yang dapat dibaca (amaca) maupun dilagukan (angidung). Ketiga-puluh enam pupuh dalam kakawin menjadi tingkat-tingkat kesadaran yang sarat dengan gelombang rasa rokhani. Maka ketiga rasa yang utama, yaitu yang dijumpai dalam suasana pertapaan (santa), pertempuran (vira), dan percintaan (srnggara), muncul secara bergantian untuk akhirnya bertemu dalam kesatuan rasa. 

Kesemuanya itu membawa pembaca dan pendengar kakawin, untuk beralih dari alam sakala kepada alam sakala-niskala. Maka haruslah semua yang membacanya menghadapi dan mengatasi tabir yang menyelubungi kesejatian makna (maya). Karena di dalam keindahan itupun terdapat godaan dan cobaan, yang membangkitkan gelora perasaan raga-jasmani, yaitu keadaan yang harus dilepaskan dalam rangka tercapainya hakekat rasa sejati. Selanjutnya dengan melakukan pembacaan berulang-kali akan terjadilah penggandaan buah-pikiran, yang bergerak menuju kepada satu pengertian. Sehingga pada saat alunan suara kidung berhenti terdengar, dan keheninganpun turun, tibalah jiwa pada keadaan yang mutlak. Sesungguhnya daya-cipta dalam diri Sang Pujangga Kawi menggambarkan kekuatan (sakti) yang berasal dari Hyang Batara Agung. Sedangkan kakawinnya melambangkan dunia yang telah tercipta (maya), yang penggubahannya itu menunjuk kepada kejadian penciptaan (lila). Karena itulah pembacanyapun diharapkan ikut bermain (lila), dengan menggumuli kakawin (maya), dalam rangka menemukan makna dan daya yang sejati (sakti).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah Terbunuhnya Niwatakawaca"

Post a Comment